Software

Menjajal Software Desain Grafis yang Gratis

Desain grafis adalah salah satu skill yang banyak dibutuhkan pada era digital saat ini. Ketika ingin mempelajarinya kita sering dihadapkan pada masalah software design grafis yang berbayar seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan banyak software grafis terkenal lainnya. Biaya layananannya terkadang mengurungkan niat kita untuk mempelajari desain grafis.

Tenang, kita bisa mulai belajar lewat deretan software desain grafis tanpa harus membayar satu rupiah sekalipun. Apa saja software desain grafis dan kegunaannya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Medibang Paint Pro

Jika kalian suka menggambar ilustrasi atau sebuah komik. Software desain grafis ini patut dicoba karena gratis untuk pengguna Windows dan MacOS. Software ini banyak digunakan artis manga dalam menggambar karakter komik mereka. Dibuat oleh perusahaan software Jepang bernama Medibang, software ini hadir dengan berbagai macam pilihan brush. Terdapat 80 pilihan prush dengan 800 template design yang dapat kita coba. Namun tidak seperti Adobe Photoshop, Medibang Paint Pro perlu meningkatkan opsi pengaturan untuk brush mereka sehingga kita lebih leluasa dalam menggambar dan menuangkan kreatifitas.

Krita

Krita adalah software desain grafis yang cukup menjanjikan sebab selain gratis, Krita adalah software bertipe open source. Krita memanjakan kita dengan kemudahan kostumisasi panel sehingga kita lebih nyaman dalam menggambar sesuai dengan antar muka yang kita inginkan. Dirilis sejak tahun 2004, Krita dibekali oleh berbagai macam fitur yang dibuat oleh para profesional. Terdapat Sembilan brush unik yang sangat berguna ketika kita ingin menggambar secara sempurna. Fitur yang membuat Krita layak dicoba adalah fitur Brush Stabiliser untuk kamu yang menginginkan garis kuas yang sangat halus.

 

GIMP

Ada yang pernah mendengar nama software yang satu ini? Jika kamu masih asing dengan Namanya, GIMP adalah alternatif gratis dari software Adobe Photoshop. Lewat GIMP, kamu bisa terbantu dalam melakukan editing dan manipulasi objek foto. Daripada membajak software Adobe Photoshop untuk mempelajari desain grafis, tak ada salahnya jika kamu mencoba software GIMP terlebih dahulu.

Software ini dibuat secara gotong royong, sehingga untuk menggunakannya kita perlu beradaptasi dengan tampilan antar mukanya. Namun GIMP menawarkan ekosistem plug in yang sangat berguna untuk meningkatkan hasil desain kita. GIMP juga memiliki sederet fitur dasar seperti di Adobe Photoshop mulai dari cropping, rotasi, hingga adjustment warna.

Inkscape

Buat kamu yang ingin belajar membuat grafis vector secara gratis. Inkscape bisa menjadi jawabannya. Meskipun gratis Inkscape memiliki beragam fitur yang memudahkan pekerjaanmu dalam dunia desain grafis. Kamu bisa menikmati software Inkscape jika kamu adalah pengguna Linux, Windows, dan MacOS. Lalu apa yang membuatnya hebat? Inkscape memiliki fitur untuk membuat objek melalui pencil tool, pen tool, text tool, dan shape tool. Software Inkscpae juga mendukung berbagai macam format penyimpanan seperti SVG, PNG, DXF, PDF, hingga EPS.

Ketiga software di atas dapat kamu unduh secara gratis melalui website resmi mereka. Kalian dapat membukanya sekarang melalui browsermu. Yang perlu diingat adalah berbagai macam software desain grafis yang ada, itu hanyalah sebuah alat. Pengguna alat tersebut yang menentukan bagus atau tidaknya sebuah desain. Jadi bekali dirimu dengan berbagai keterampilan yang ada sembari terus belajar untuk meningkatkan skill desain grafismu. Banyak kok kursus dan video tutorial yang bisa kamu ikuti di YouTube. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *